TUGAS 6
A. Definisi Actuating
Dari seluruh rangkaian
proses manajemen, pelaksanaan (actuating) merupakan fungsi manajemen yang
paling utama. Dalam fungsi perencanaan dan pengorganisasian lebih banyak
berhubungan dengan aspek-aspek abstrak proses manajemen, sedangkan fungsi
actuating justru lebih menekankan pada kegiatan yang berhubungan langsung
dengan orang-orang dalam organisasi
Dalam hal ini, George
R. Terry (1986) mengemukakan bahwa actuating merupakan usaha menggerakkan
anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan
berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan sasaran anggota-anggota
perusahaan tersebut oleh karena para anggota itu juga ingin mencapai
sasaran-sasaran tersebut.
Dari pengertian di
atas, pelaksanaan (actuating) tidak lain merupakan upaya untuk menjadikan
perencanaan menjadi kenyataan, dengan melalui berbagai pengarahan dan
pemotivasian agar setiap karyawan dapat melaksanakan kegiatan secara optimal
sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawabnya.
B. Pentingnya Actuating
Fungsi actuating lebih
menekankan pada kegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang dalam
organisasi. Perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila
tidak diikuti dengan penggerakan seluruh potensi sumber daya manusia dan
nonmanusia pada pelaksanaan tugas. Semua sumber daya manusia yang ada harus
dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Setiap SDM
harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi
masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang
telah ditetapkan.
STUDI KASUS
Di Gugus Depan X,
Pradana (ketua dewan ambalan) memerintahkan anggotanya untuk menaikkan
barang-barang perlengkapan kemah ke atas truk. Anggotanya terlihat enggan
melakukan perintahnya dan menanggapi dengan acuh tak acuh.
Salah seorang anggota
dewan ambalan yang cukup disegani berdiri dan berteriak, “Semangat kawan-kawan,
mari kita kerjakan!” Karena ajakannya, semuanya jadi bergairah dan mulai
bekerja menaikkan barang-barang.
Analisis :
Menurut pendapat saya,
dalam sebuah organisasi sangat penting adanya actuating karena actuating lebih
menekankan pada kegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang dalam
organisasi, sehingga dapat membuat orang-orang yang berada di dalam organisasi
tersebut memiliki hubungan yang lebih baik. Dan yang terpenting di dalam
berjalannya proses actuating di butuhkan seorang pemimpin yang dapat
menggerakan bahkan membangkitkan semangat rekan-rekannya
DAFTAR PUSTAKA :
Mulyono. 2008.
Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handoko, Hani. 1997.
Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Gibson, dkk. 1997.
Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Binarupa Aksara, (terjemahan)
Djatmiko, Y. H. 2008.
Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta
0 komentar:
Posting Komentar