Jumat, 27 September 2013

Psi.dan Teknologi Internet I

A. (1) Syarat dan Etika melakukan publikasi online

Pubilkasi Online adalah pesan pengumuman atau suatu informasi dalam bentuk online atau diterbitkan melalui media elektronik baik melalui komputer, laptop, atau apa saja yang dapat menghubungkan dalam dunia online. misalnya berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat bermanfaat dan lebih mengirit biaya karena biayanya relatif murah. Maka dari itu publikasi onlien sangat berguna untuk kita di jaman modern dan serba cepat ini. 

Dasar-dasar etika yang perlu diketahui :
1. Jujur dalam mencantumkan sumber dan penulis
2. Kutip seperlunya
3. Bijak dalam meng-copy sebuah situs

Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut: 
1.  Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk  bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.

(2). Plagiarisme

     Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas.
Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.
    Pelanggaran hak cipata dalam berbahasa tulis dapat dibuktikan melalaui pengabaian atau penghilangan identitas sumber pesan dalam tulisan sehingga tulisan tersebut seolah-olah menjadi milik penulis padahal bukan. Karena pesan tersebut milik sumber atau orang lain (kutipan). Pengabaian atau penghilangan sumber kutipan tersebut diakibatka oleh kekhilafan (kelalaian) dan kesengajaan. Kekhilafan adalah pelanggaran hak cipta (kutipan) diakibatkan keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis atau kecerobohan penulis dalam tata cara (teknik) pengutipan sumber sehingga terjadi pelanggaran hak cipta. Sedangkan kesengajaan diakibatkan bukan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis atau tata cara penulis dalam tata cara pengutipan sumber melainkan penulis sengaja menghilangkan atau mengabaikan sumber secara sadar sehingga terjadi pelanggaran hak cipta. Pelanggaran tersebut dapat diidentifikasi melalaui hasil tulisan yang sudah di publikasikan.
    Pembaca memiliki hak untuk membuat justifikasi terhadap pesan (isi) dalam sebuah tulisan. Setelah sebuah tulisan dibaca, pembaca memiliki hak untuk membuat keputusan perihal ada atau tidak ada pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh penulis. Melalui tata cara penulisan, pembaca dapat menentukan bukti pelanggaran hak cipta tersebut. Oleh karena itu, pembaca dapat dipandang sebagai penyebab ada atau tidak ada plagiarisme. Selama pembaca tidak membuat justifikasi terhadap pesan (isi) tulisan maka pelanggaran hak ciptapun tidak akan ada, sehingga plagiarisme tidak akan terjadi.

Sumber Referensi :
Scribd. (2010, 17 Oktober).
Makalah Plagiarisme . Diperoleh 27 September 2013, dari http://www.scribd.com/doc/46065523/Makalah-plagiarisme
Wikipedia. (2012, 23 Juli)
Plagiarisme . Diperoleh 27 September 2013, dari
Wikipedia. (2013, 26 September).
Etika. Diperoleh 27 September 2013, dari
Perpuspapat file. (2008, 02 Februari).
Etika berinternet. Diperoleh 27 September 2013, dari
Mayanadinta. (2013, 27 September).
Artikel syarat dan etika dalam publikasi online dan artikel tentang plagiarisme. Diperoleh 27 September 2013, dari

0 komentar:

Posting Komentar