Kamis, 16 Oktober 2014

Perencanaan Penetapan Manajemen II

TUGAS 3

A.Manfaat Perencanaan Dalam Manajemen
Perencanaan mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan
  2. Membantu dalam kristalisasi persesuaian dalam masalah-masalah utama
  3. Memungkinkan manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
  4. Pemilihan berbagai alternatif terbaik
  5. Standar pelaksanaan dan pengawasan
  6. Penyusunan skala prioritas, baik sasaran maupun kegiatan
  7. Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi
  8. Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait
  9. Membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami
  10. Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti, dan
  11. Menghemat waktu, usaha dan dana. 
B. Jenis Perencanaan Dalam Organisasi
  1. Misi atau Maksud (Mission atau Purpose)menggambarkan peranan atau maksud keberadaan suatu organisasi pada masyarakat tertentu.
  2. Tujuan. merupakan titik akhir dimana aktivitas organisasi diarahkan. Strategi merupakan rencana umum/pokok untuk mencapai tujuan organisasi.
  3. Kebijakan. merupakan pernyataan atau pemahaman umum yang membantu mengarahkan pengambilan keputusan (khususnya cara berpikirnya).
  4. Prosedur. merupakan serangkaian aktivitas atau tindakan, yang lebih mengarahkan tindakan (bukan cara berpikir).
  5. Aturan. merupakan rencana yang dipilih dari beberapa alternatif, untuk dilakukan atau tidak dilakukan.
  6. Program. merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan, langkah yang harus dilakukan, alokasi sumber daya, dan elemen lainnya, berdasarkan alternatif tindakan yang dipilih.
  7. Anggaranmerupakan rencana yang dinyatakan dalam angka. Berdasarkan luas cakupan masalah yang dihadapi oleh manajer dalam suatu organisasi serta jangka waktu yang berada dalam suatu rencana,
Rencana dapat digolongkan dalam 3 bentuk,yaitu:
  1. Rencana Global (Global Plan): Rencana global ini berisi tentang penentuan tujuan suatu organisasi secara menyeluruh.Apa yang menjadi tujuan akhir suatu organisasi yang bersifat jangka panjang.Tujuan global ini dapat dipandang sebagai misi suatu organisasi.Dimana dalam pengembangannya harus memperhatikan situasi dan kondisi serta perkembangan organisasi dimasa yang akan dating,yang tidak lepas dari kekuatan dan kelemahan yang di miliki oleh organisasi. Analisa penyusunan rencana global terdiri atasStrength,yaitu kekuatan yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan.Weaknesses,memperhatikan kelemahan yang dimiliki organisasi yang bersangkutan. Opportunity,yaitu kesempatan terbuka yang dimiliki oleh organisasi. Treath,yaitu tekanan dan hambatan yang dihadapi organisasi.
  2. Rencana Strategik (Strategic Plan): Bagian dari rencana global yang lebih terperinci.Dimana dengan menyusun kerangka kerja yang akan dilakukan untuk mencapai rencana global.Dimensi waktunya adalah jangka panjang.Dalam pencapaiannya dilakukan dengan system prioritas,mana yang akan dicapai terlebih dahulu.
  3. Rencana Operasional (Operational Plan): Rencana ini meliputi perenanaan terhadap kegiatan-kegiatan operasional dan bersifat jangka pendek.

STUDI KASUS -  Misi atau Maksut  dalam Perencanaan
Judul : Organisasi Pecinta Anime

Beberapa tahun belakangan ini sedang marak-maraknya muncul organisasi dengan berbagai macam jenis salah satunya organisasi yang sedang banyak diminati kususnya oleh para kalangan remaja adalah komunitas pecinta anime. Awalnya komunitas tersebut hanya terdiri dari beberapa orang itupun hanya orang-orang terdekat saja yang sama-sama memiliki hoby pada anime jepang sampai akhirnya mereka memutuskan untuk memperluas komunitas tersebut dengan bantuan media sosial, ternyata komunitas tersebut mendapatkan respon yang baik dari masyarakat Indonesia di berbagai daerah sehingga jumlah anggota mereka dimedia sosialpun sudah mencapai ratusan ribu orang. Sesekali komunitas ini pun melakukan suatu acara agar semua anggota mereka yang terdiri dari berbagai daerah itu bisa berkumpul dan sharing satu sama lain. Komunitas ini juga sudah berhasil menggambarkan peran atau maksut keberadaannya pada masyaratak tertentu yaitu masyarakat yang sama-sama memiliki kecintaan pada anime jepang agar memiliki tempat untuk saling bertukar cerita atau sekedar memberikan informasi dengan orang-orang yang sudah bergabung dikomunitas tersebut.

Analisis :
Menurut pendapat saya, komunitas ini sudah berhasil menunjukan peran atau maksut keberadaannya pada orang-orang yang sama-sama memiliki kecintaan pada anime bahkan komunitas ini memberikan dampak positif karena sudah membuat suatu wadah bagi anggotanya  untuk saling sharing dan bertukar informasi.
  
DAFTAR PUSTAKA :
Stephen P Robbins & Mary Coulter, Manajemen, Jakarta, Indeks Group Garamedia. 2004.
Husaini Usman. Manajemen(Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Mukhyi, Abdul M & Saputro, Imam, Hadi.1995. PENGANTAR MANAJEMEN UMUM. Jakarta: Gunadarma University.
Afifuddin,M.M.2012.Dasar-dasar Manajemen.Bandung:ALFABETA.

0 komentar:

Posting Komentar